Sunday, September 25, 2011

Teknologi Nano


Dalam dunia kecantikan, saat ini tengah dikembangkan teknologi nano, yaitu temuan teknologi yang memanfaatkan partikel-partikel kecil (nano partikel) dalam bentuk kosmetik. Pada kosmetik berteknologi nano, zat-zat aktif yang terkandung di dalamnya bisa terserap lebih cepat dan maksimal karena ukurannya ynag sangat kecil. Selain itu, partikel-partikel nano tersebut dapat bergerak menjangkau lapisan kulit yang paling bawah sehingga zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat diserap secara optimal.

Teknologi nano ini diaplikasikan pada produk-produk yang dibuat untuk meremajakan kulit, meningkatlan regenerasi sel, membantu mengrangi kerutan wajah, dan mencerahkan kulit dengan cara dioleskan sebagai pelembab sehari-hari. Penggunaan produk-produk tersebut diklaim memberikan alternatif untuk tampil cantik tanpa operasi. Sebuah klinik kecantkan berteknologi nano mengaku hanya menggunakan metode injeksi dan pemberian obat topical (olesan) untuk menghilangkan lemak, meremajakan sel-sel kulit, serta memperbaiki kekurangan minor pada wajah.

Partikel naono berukuran sangat kecil, yakni berukuran 80.000 kali lebih kecil dari diameter rambut manusia. Selain menjadi kelebihan ukuran partikel yang superkecil ini sekaligus menjadi kekurangan karena berisiko tinggi bagi kesehatan. Ukurannya yang kecil memudahkannya menyusup ke paru-paru dan menembus dinding usus. Hal ini akan membuat paru-paru menjadi terbebani dan harus bekerja lebih keras saat bernapas. Dalam dunia kosmetik, partikel nano biasa digunakan dalam tabir surya, make up berbahan dasar mineral krim anti-ageing, pelembap, perona mata, dan maskara.

Daftar Pustaka :
Amiruddin, Aam. 2010. Fiqih Kecantikan. Bandung : Khazanah Intelektual.

0 comments:

Post a Comment

 

Rina Fauzia Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting