Tuesday, November 29, 2011

Kamus Cantik


ALLANTOIN
Dikenal sebagai bahan yang menenangkan, melembutkan kulit dan anti iritasi.
ALOE VERA
Bahan ini biasa juga disebut dengan lidah buaya. Aloe vera bisa ditemui dalam produk perawatan kulit dan shampo. Biasanya semua kosmetika yang mengandung aloe vera fungsinya untuk mendinginkan dan melembutkan.
ALPHA HYDROXYL
Jika Anda membutuhkan zat yang bisa mengelupas kulit mati sekaligus melembutkan kulit baru sebaiknya Anda menggunakan produk kecantikan yang mengandung zat alpha hydroxy. Zat ini paling banyak terdapat pada produk perawatan wajah yang berbentuk scrub atau pembersih wajah.
ALPHA-HIDROXY ACID
Biasa disingkat dengan AHA. Ini adalah bahan yang sifatnya asam sehingga mampu meluruhkan lapisan kulit yang baru terlihat. Biasanya bahan ini didapat dari hasil penyulingan buah-buahan seperti apel, jeruk, anggur maupun juga dari susu.
ANTIOXIDANT
Antioxidant biasa ditemui pada produk yang berhubungan dengan kulit. Zat khusus ini bisa melindungi kulit dari bahaya zat-zat kimia dari lingkungan sekitar. Misalnya asap knalpot ataupun asap pembakaran sampah dan lainlain. Zat ini biasa terdapat pada sunblock ataupun pelembab. Antioxidant bisa juga terdapat pada buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk dan strawberry.
ANTIPERSPIRANT
sesuai namanya, mengerutkan kelenjar keringat sehingga mengurangi produksi keringat dan bau badan. Jika Anda berkeringat banyak, yang Anda perlukan adalah antiperspirant. Untuk mendapatkan hasil terbaik, oleskan antiperspirant sesudah mandi. Tunggu dulu sampai beberapa menit, baru oleskan. Kelembaban di bawah lengan dapat mengencerkan ingredien aktif dari antiperspirant dan mengurangi khasiatnya.
ASTRINGENT
Astringent adalah cairan khusus berupa toner yang berfungsi mengontrol minyak di kulit dan biasa dipakai setelah membersihkan wajah. Biasanya terdapat pada penyegar wajah.
BETA-HYDROXY ACID
Biasa disingkat dengan BHA. Sifatnya sama dengan AHA, tetapi lebih lembut sehingga berkurang kemungkinannya untuk menimbulkan iritasi kulit. Bahan yang biasanya digunakan adalah salicylic acid, yang juga berfungsi untuk memerangi bakteri pada kulit sehingga sesuai digunakan untuk pengobatan jerawat.
BLACKHEADS
Pori2 kulit yg tersumbat o/ minyak dan kotoran, shg membentuk titik hitam yg tertahan di pori2
BLEMISH
Blemish merupakan noda berupa titik dipermukaan kulit wajah yang merupakan dampak HIPERPEGMENTASI

CHAMOMILE
Chamomile adalah jenis tumbuhan yang terbukti secara klinis bisa mencegah peradangan pada kulit. Chamomile bisa melembutkan dan mendinginkan kulit yang alergi. Zat ini biasanya terkandung dalam produk kecantikan seperti pelembab dan pembersih wajah. Selain untuk kulit, tumbuhan chamomile ini juga bisa mengusir nyamuk.

Bahan ini terdapat di WArdah Cleanser for Normal to Dry Skin dan Hydrating Toner Normal to Dry.
COLLAGEN
Sejenis protein berbentuk serat, yang berfungsi mengikat jaringan di bawah kulit. Kekurangan kolagen cenderung membuat kulit tidak lagi kenyal.
CREAMY LIPSTICK
Hasil polesan agak matte, tapi lembut di bibir. Cocok untuk daerah beriklim dingin. Agak berat untuk iklim tropis yang lembab dan panas seperti tanah air kita.
DERMIS
Nama lain lapisan dalam kulit. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung, yang dipenuhi oleh collagen, elastis dan decorin yang membuat kulit kencang dan elastis
DIMETHICONE
Bahan yang mengandung silikon yang cocok digunakan melembutkan kulit dan sebagai bahan conditioner.
EPIDERMIS
Lapisan kulit yang paling luar. Langsung terpapar oleh pengaruh eksternal tubuh, sehingga sangat penting untuk dirawat kesehatannya.
GEL
Jenis produk perawatan kecantikan yang volumenya lebih padat dan lebih kenyal dibandingkan krim
GLOSS
Mengandung bahan yang memantulkan cahaya dengan hasil polesan yang tampak mengilap dan seperti kaca.
HIPERPEGMENTASI
Hiperpegmentasi merupakan proses pembentukan pigmen dibawah kulit yang berlebihan (tidak normal) sehingga menyebabkan noda-noda kecoklatan & membuat warna kulit wajah tidak merata.
JOJOBA
Jojoba adalah sejenis tonik yang mengandung pelembab. Zat ini sangat cocok untuk melembutkan jenis kulit kering. Zat ini bisa saja terdapat dalam pelembab dan pembersih wajah.
LONGLASTING
Kandungan pigmennya lebih banyak lagi sehingga tahan lebih lama. Teknologi mutakhir menggunakan silikon yang non-volatile sehingga warna tahan lebih lama tapi tetap nyaman di bibir.
MASKER
Jenis produk perawatan kulit, berupa krim atau gel, yang diaplikasikan ke seluruh wajah selama beberapa saat, sebelum kemudian dibersihkan. Umumnya masker dilakukan sebagai perawatan tambahan yang rutin, selain proses ritual membersihkan wajah.
MATTE
Mengandung pigmen dalam dosis yang lebih banyak untuk menyerap cahaya, tapi kandungan minyaknya sedikit. Hasil polesan: tidak mengilap dan lebih powdery.
MOISTURIZER
Bahan yang satu ini biasanya sering Anda jumpai di produk perawatan dan kecantikan. Moisturizer adalah kata lain dari pelembab. Fungsi utamanya yaitu untuk melembutkan kulit ataupun rambut.
PH
pH adalah singkatan dari percentage of hidrogen yang artinya adalah takaran keasaman kandungan zat kimia pada produk kosmetik. Kadar pH yang tinggi bisa sangat berbahaya bagi kulit Anda. Pada awalnya produk yang mengandung pH tinggi bisa menyembuhkan tapi kemudian malah akan menjadi boomerang. Demi keamanan, lebih baik gunakan produk kosmetik yang mengandung tingkat keasaman rendah.
PROVITAMIN B3
Bahan pencerah wajah yang terbukti mampu mengunci melanin di bawah kulit sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah.
RETINOL
Bahan antiaging terbaik dan merupakan salah satu bentuk vitamin A yang ditemukan di kulit secara alami. Retinol yang digunakan dipermukaan kulit akan masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru, juga menstimulasi produksi collagen.
SALICYLIC ACID
Bahan aktif yang dapat membantu membersihkan kulit, membuka pori-pori yang tersumbat, menekan terjadinya komedo putih dan hitam, meminimalkan iritasi sehingga memudarkan noda yang disebabkan oleh jerawat.
SATIN
Istilah ini biasa dipakai untuk lipstik dengan hasil polesan antara matte dan mengilap (shiny).
SCRUB
Jenis pembersih kulit yang mengandung butiran-butiran halus. Berfungsi sebagai materi yang efektif mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan merangsang sirkulasi darah di wajah.
SHIMMER
Shimmer adalah berlawanan dengan matte. Ia memberi kesan kilatan pada kosmetik yang kita gunakan. Lipstik jenis ini sesuai untuk memberi kesan galmour.
SPF
Singkatan dari sun protection factor. Angka SPF pada produk menunjukkan tingkat perlindungan. Sebagai contoh, angka SPF 5 berarti Anda dapat berada di bawah sinar matahari 5 kali lebih lama dibanding waktu yang biasa membuat kulit berubah menjadi merah.
SUNSCREEN
Tabir surya. Berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari (khususnya UV) yang dapat menyebabkan kerusakan kulit.
T-ZONE
Area kulit yang cenderung berminyak pada bagian wajah, membentuk huruf T, yaitu : Dahi dan hidung.
UV A
UV A merupakan salah satu unsur sinar UV yang dapat mencapai lapisan dermis (lapisan dalam kulit) yang dapat menyebabkan penuaan dalam jangka panjang, hiperpegmentasi & keriput.
UV B
UV B adalah salah satu unsur sinar UV yang hanya berpengaruh pada lapisan epidermis (lapisan luar kulit) yang menyebabkan kulit menjadi merah & terbakar.
VITAMIN E
Kandungan aktif yang mampu melindungi kulit serta membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat pada kulit wajah.


0 comments:

Post a Comment

 

Rina Fauzia Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template and web hosting